Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengenal Investasi Saham Syariah Serta Tahapan Berinvestasi

      https://www.syukrawi.com/  Kata investasi mungkin sudah familiar kita dengar, namun tidak semua kita telah melakukannya. Apakah itu disebabkan karena tidak adanya yang mau diinvestasikan atau tidak adanya pengetahuan untuk berinvestasi ? jika pertanyaan itu yang menghalangi anda untuk berinvestasi, maka mulailai dari sekarang dengan berinvestasi di Pasar Modal khususnya saham.


Pada kesempatan ini, saya tidak membahas semua macam investasi. Namun, lebih berfokus pada investasi saham syariah. Investasi saham syariah itu terdiri atas 3 kata : investasi, saham dan syariah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), investasi adalah penanaman uang atau modal di suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Saham adalah surat bukti kepemilikan bagian modal Perseroan Terbuka (PT) yang memberi hak atas deviden dan lain-lain menurut besar kecilnya modal yang disetor. Sedangkan syariah adalah aturan atau ketetapan yang Tuhan perintahkan kepada hamba-hamba-Nya. Jadi bisa kita simpulkan bahwa investasi saham syariah adalah penanaman modal berupa saham sebagai bukti kepemilikan atas suatu perusahaan yang sesuai dengan prinsip syariah.

Investasi saham syariah merupakan investasi yang terjamin aman, halal dan mudah dijangkau, termasuk dalam kalangan pelajar sekalipun.

Kenapa dikatakan aman ? karena investasi ini dipasarkan resmi di Bursa Efek Indonesia, serta transaksi yang digunakan dalam investasi ini menggunakan rekening sekuritas atas nama kita sendiri, sehingga dapat dipastikan keamanannya.

Kenapa halal ? karena investasi ini diatur berdasarkan Fatwa DSN MUI No.80 tentang Penerapan Prinsip Syariah dalam Mekanisme Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas di Pasar Reguler Bursa Efek.
Lalu kenapa mudah dijangkau ? karena dalam investasi ini kita dimudahkan dalam segala hal, baik dalam pendaftaran, pembukaan akun sekuritas, bahkan mulai berinvestasi bisa kita lakukan dengan mudah dan terjangkau, hanya dengan deposit minimal Rp 100.000,- kita bisa berinvestasi dan menjadi investor di suatu perusahaan.

Berikut ada 5 langkah awal yang harus anda lakukan untuk berinvestasi saham di Pasar Modal.
  • Buka rekening di Perusahaan Sekuritas.
Rekening sekuritas bisa kita dapatkan secara gratis. Dengan cara datang ke kantor sekuritas yang anda inginkan atau yang dekat dengan tempat tinggal anda, lalu bawa persyaratannya. Biasanya hanya membawa fotokopi KTP, NPWP, serta halaman depan buku tabungan.  Disana anda akan diarahkan untuk mengisi formulir pembukaan rekening sekuritas dan formulir RDN. Lalu tunggu hingga akun anda jadi, biasanya 2-3 mi
nggu dari pembuatan.
  • Sisihkan nominal dana untuk membeli saham.
Modal awal yang kita butuhkan untuk berinvestasi cukuplah kecil, dalam investasi saham syariah kita cukup deposit sebesar Rp 100.000,- kita sudah bisa membeli saham suatu perusahaan.
  • Tentukan saham yang akan anda beli.
Di tahap ini mungkin akan sulit bagi pemula untuk menentukan saham yang memiliki prospek yang baik kedepannya untuk dibeli. Maka dalam tahab ini butuh sebuah analisa dan ilmu yang cukup untuk menilai seebuah perusahaan. Saran saya bagi pemula cukup dengan bertanya atau meminta rekomendasi saham terbaik kepada pihak sekuritas tempat anda mendaftar, karena mereka akan dengan senang hati menjawab pertanyaan dari nasabahnya.
  • Setorkan dana secara rutin ke rekening.
Pepatah mengatakan ‘’sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit’’ pepatah ini dapat kita pakai dalam berinvestasi, karena kita berinvestasi saham, maka untuk memperoleh untung yang besar kita juga membutuhkan modal yang besar pula, karena modal selalu berbanding lurus dengan hasil yang kita dapatkan.
  • Beli saham secara rutin.
Jika kita membeli saham secara rutin setiap periode, apalagi saham yang bagus, maka kita akan mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham dan bagi hasil berupa Deviden dari laba perusahaan yang anda beli sahamnya.
Sekian pengenalan investasi saham syariah yang dapat saya paparkan, semoga bermanfaat dan membuka pikiran kita untuk mulai berinvestasi untuk masa depan kita.

SUBCRIBE VIA EMAIL