Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengenal Pasar Modal dan Pasar Modal Syariah di Indonesia

https://www.syukrawi.com  Bagi seorang investor mungkin tidak asing lagi dengan kata Pasar Modal, memang pasar modal merupakan salah satu sarana investasi yang cukup banyak diminati dewasa ini. Namun, apakah semua investor tau apa itu pasar modal dan apa saja yang ada di pasar modal ?


Apa itu Pasar Modal ?
Pasar Modal adalah suatu pasar yang beroperasi secara terorganisir dimana terdapat aktivitas perdagangan surat-surat berharga seperti saham, equitas, surat pengakuan hutang, obligasi, dan surat berharga lainnya yang diterbitkan oleh pemerintah maupun perusahaan swasta dengan memanfaatkan jasa perantara, komisioner, dan underwriter.
Menurut UU No. 8 Tahun 1995, arti pasar modal adalah suatu aktivitas yang berhubungan dengan perdagangan efek dan penawaran umum, perusahaan publik yang berhubungan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berhubungan dengan efek.
Jadi, dengan kata lain dapat kita simpulkan bahwa pasar modal adalah suatu pasar yang menghubungkan antara pemilik dana (investor) dengan yang membutuhkan dana (institusi pemerintah atau perusahaan Tbk) melalui perdagangan jangka panjang, seperti saham, obligasi dll.

Pengertian Pasar Modal Menurut Para Ahli
Agar lebih paham mengenai pasar modal, ada 5 pengertian yang dikemukakan oleh para ahli:
1. Fahmi dan Hadi
Menurut Fahmi dan Hadi, pengertian pasar modal adalah tempat berbagai pihak, khususnya perusahaan menjual saham dan obligasi, dengan tujuan dari hasil penjualan tersebut nantinya akan dipergunakan sebagai tambahan dana atau memperkuat modal perusahaan.
2. Martalena dan Malinda
Menurut Martalena dan Malinda, pengertian capital market adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran terhadap modal, baik bentuk ekuitas maupun jangka panjang.
3. Tjiptono Darmadji dan Hendy M. Fakhruddin
Menurut Darmadji dan Hendy M. Fakhruddin, pengertian pengertian pasar modal adalah pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik dalam bentuk utang, saham, instrumen derivatif, maupun instrumen lainnya.
4. Sunariyah
Menurut Sunariyah, pengertian pasar modal adalah tempat bertemunya antara penawaran dengan permintaan surat berharga. Tempat dimana individu-individu atau badan usaha yang mempunyai kelebihan dana (surplus fund) melakukan investasi dalam surat berharga yang ditawarkan oleh emiten.
5. Irham
Menurut Irham, arti pasar modal adalah sebuah pasar dimana dana-dana modal seperti ekuitas dan utang diperdagangkan.
Baca Juga:


Setelah mengetahui apa itu pasar modal, lalu apa bedanya dengan pasar modal syariah ?
Pasar modal syariah adalah pasar modal yang sesuai dengan prinsip dan aturan syariat Islam, dengan kata lain segala instrumen dan kegiatan yang ada tidak bertentangan dengan prinsip syariah.
Secara umum tidak ada perbedaan antara pasar modal syariah dengan pasar modal non-syariah. Namun, pada pasar modal syariah terdapat karakteristik khusus bahwa produk dan mekanisme transaksinya harus tidak bertentangan dengan prinsip syariah.
Penerapan prinsip syariah di pasar modal tentunya bersumberkan pada Al Quran sebagai sumber hukum tertinggi dan Hadits Nabi Muhammad SAW. Selanjutnya, dari kedua sumber hukum tersebut para ulama melakukan penafsiran yang kemudian disebut ilmu fiqih. Salah satu pembahasan dalam ilmu fiqih adalah pembahasan tentang muamalah, yaitu hubungan diantara sesama manusia terkait perniagaan. Berdasarkan itulah kegiatan pasar modal syariah dikembangkan dengan basis fiqih muamalah.Terdapat kaidah fiqih muamalah yang menyatakan bahwa Pada dasarnya, semua bentuk muamalah boleh dilakukan kecuali ada dalil yang mengharamkannya. Konsep inilah yang menjadi prinsip pasar modal syariah di Indonesia.
Sekarang sudah tahu bukan apa itu pasar modal, jika ingin berinvestasi di pasar modal lebih baik pelajari terlebih dahulu agar dapat mencegah terjadinya penipuan-penipuan di pasar modal.
maka dari itu, untuk belajar pasar modal kita dapat mengikuti yang namanya SPM dan SPMS. Sekolah Pasar Modal (SPM) dan Sekolah Pasar Modal Syariah (SPMS) adalah program edukasi dan sosialisasi pasar modal yang diselenggarakan secara berkala oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Seluruh masyarakat umum dapat menjadi peserta SPM dan SPMS sepanjang telah melakukan pendaftaran sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. untuk pendaftaran dan keterangan lebih lanjut dapat mengunjungi situs https://sekolahpasarmodal.idx.co.id
Baca Juga:






SUBCRIBE VIA EMAIL