Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

10 Kemampuan yang Harus Dikembangkan pada Usia 20-an

pengembangan kemampuan

    Mungkin sebagian dari teman-teman bahkan saya sendiri yang berada di usia 20-an merasa bingung atau merasa tidak memiliki kemampuan khusus untuk dikembangkan. Apalagi pada usia ini merupakan usia dimana kita merasakan yang namanya hidup mandiri tanpa bergantung lagi pada orang tua (bagi perantau). Beban hidup yang semakin hari terasa semakin berat,  serta serba kekurangan dimana-mana. Namun, hal itu dapat kita minimalisir bahkan dapat kita hilangkan dengan mengembangkan beberapa kemampuan umum yang dapat dilakukan oleh siapa saja.

1. Kemampuan mengatur keuangan

mengatur Keuangan

      Ini merupakan kemampuan paling penting yang harus kita miliki secara individu. Karena tak bisa dipungkiri jika financial kita bermasalah, maka bisa jadi aktivitas lainnya yang kita lakukan akan terganggu sehingga tidak terlaksana secara maksimal. Untuk mengasah kemampuan ini, anda perlu mempelajari dulu basicnya, pastikan bahwa pengeluaran anda harus lebih kecil daripada pemasukan anda. Jika perlu buatlah laporan keuangan pribadi dan lihat hasilnya setelah satu bulan lalu bandingkan dengan bulan berikutnya.

2. Kemampuan mengatur waktu
       Sudah jelas bukan, kemampuan untuk mengatur waktu bukan diatur oleh waktu.  Jika kemampuan financial tadi sudah meningkat, maka mulailah mengatur waktu. Hilangkan kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, batasi menggunakan media social dan gunakana waktu kita semaksimal mungkin serta pelajari hal-hal baru setiap harinya. Jangan lupa untuk bahagia juga,, okee..

bahagia

3. Kemampuan membedakan kawan dan lawan
        Yup!! anda harus tau mana kawan dan mana lawan. Di zaman sekarang ini bukanlah hal yang tidak mungkin kita ditipu oleh kawan sendiri atau ditolong oleh lawan sendiri. Maka dari itu alangkah baiknya kita mempelajari sedikit trik psikilogi yang dapat kita gunakan minimal untuk diri sendiri, karena semakin anda memahami prilaku manusia, semakin tidak mudah anda untuk tertipu.

4. Kemampuan mengolah informasi
mengolah informasi
       Di zaman yang serba canggih dan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat ini kita dapat mengakses informasi dari manapun dengan cepat bahkan hitungan detik. Namun, apakah semua informasi itu benar adanya? Disitulah kita harus bijak dalam memilah informasi, apakah informasi tersebut layak dikonsumsi untuk umum atau cukup untuk kita simpan sendiri sebagai pengetahuan.

5. Kemampuan untuk berkata ‘’TIDAK’’
       Yaa,, katakan TIDAK untuk segala hal yang dapat melalaikan anda, karena tidak semua hal harus anda lakukan. Jika anda merasa sesuatu tersebut berat atau tidak mungkin bagi anda untuk melakukannya, maka katakana TIDAK.
     Kebanyakan orang terlalu sungkan untuk menolak hal yang tidak diinginkannya. Pelajari teknik ini agar waktu dan energy anda tidak terbuang percuma.

6. Kemampuan menyembuhkan luka batin
       Kemampuan ini bertujuan untuk menenangkan jiwa anda agar tetap tenag dan relax. Sebagai seorang muslim, saya dapat mengembangkan kemampuan ini dengan senantiasa membaca Al-Qur’an setiap hari, karena dengan membaca Al-Qur’an lah hati dapat menjadi tenang.

7. Kemampuan kepemimpinan 

leader

       Pemimpin bukan hanya orang yang memegang suatu jabatan ataupun ketua organisasi tertentu. Kita semua adalah seorang  pemimpin, yaaa.. you’r LEADER, tidak peduli pekerjaan kita apa, asal kita dari mana, ataupun usia kita berapa. Anda adalah pemimpin, setidaknya bagi diri anda sendiri. Seiring berjalannya waktu tanggung jawab anda akan semakin membesar. Oleh karena itu tingkatkan kemampuan leadership anda setiap hari.

8. Kemampuan negosiasi
      Negosiasi tidak hanya terjadi dalam jual beli. Segala sesuatu dapat dinegosiasikan, oleh karena itu latih kemampuan berbicaramu agar mendapat negosiasi terbaik dalam suatu hal.

9. Kemampuan melawak
      Karena hampir semua orang suka lelucon. Maka  kemampuan ini juga harus kita miliki, setidaknya dapat memecahkan keheningan suasana. Selain itu, orang humoris juga lebih disayang orang lain daripada orang yang biasa-biasa saja.

10. Kemampuan mengucapkan terima kasih
     Walaupun hanya ucapan terima kasih. Namun, hal ini juga harus kita latih dan kita biasakan, karena hidup kita tidak lepas dari pengaruh orang lain yang senantiasa membantu dan menolong kita sampai pada saat sekarang ini. Yang lebih penting, jangan lupa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala Rahmat, Nikmat, dan Hidayahnya kepada kita dan berterima kasih kepada orang tua, guru, saudara, teman, sahabat dan orang-orang yang senantiasa membantu kita dalam menjalani hidup.
     Itulah kemampuan yang dapat anda latih. Siapaun anda, anda pasti dapat melakukannya dan ciptakan sedikit perubahan baik dalam hidup anda agar menjadi lebih baik. Semoga dapat bermanfaat. 
Baca Juga:

2 komentar untuk "10 Kemampuan yang Harus Dikembangkan pada Usia 20-an"

SUBCRIBE VIA EMAIL