Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen dalam Sebuah Bisnis

Loyalitas Konsumen

    Dalam sebuah usaha atau bisnis kesetiaan seorang konsumen menjadi menjadi poin yang sangat penting; konsumen yang sudah memiliki loyalitas terhadap bisnis kita maka ia akan terus kembali untuk membeli produk pada kita. Bahkan tak jarang kasusnya mereka justru membawa konsumen lain dengan cara merekomendasikan produk kita; maka bagi seorang pebisnis hal ini harus diperhatikan.
    Kepercayaa dan kepuasan atas produk serta pelayanan yang diberikan terhadap konsumen harus menjadi dasar dalam bisnis, tentu kita sering mendengar perkataan “pelanggan adalah raja” dan memang bukan tanpa alasan istilah tersebut muncul. Bagaimanapun juga bisnis kita tidak akan sukses kalau tidak ada konsumen atau pelanggan.

Kembali lagi pada pembahasan meningkatkan loyalitas konsumen; berikut adalah cara-cara yang dapat dilakukan:
1. Saling mengenal (kita mengenal konsumen – konsumen mengenal kita)
Saling Mengenal

     Konsumen akan merasa senang jika kita mengetahui hal-hal yang berkaitan tentang dirinya; tentu bukan hal yang bersifat privasi juga. Kita bisa mengetahui produk apa yang biasa dia beli sehingga saat konsumen datang kita bisa menyambut misalnya seperti “Oh pasti kesini mau beli produk ini?”, atau kita memberikan ucapan selamat atas apa yang telah didapatkan misalnya; konsumen dipromosikan jabatannya, baru menikah, ulang tahun dan lainnya. Hal-hal tersebut mungkin terlihat sepele tapi akan membuat konsumen merasa nyaman.

2. Memberikan bonus kepada konsumen yang loyal
Bonus

      Hal ini bisa dilakukan misalnya dengan memberikan potongan harga atau memberikan hadiah bagi mereka yang sudah beberapa kali menjadi konsumen kita. Silahkan atur bagaimana sistem bonus ini bisa diperoleh konsumen, lakukan inovasi se kreatif mungkin sehingga konsumen merasa antusias.

3. Memberikan kemudahan kepada konsumen loyal
Online Shoping

     Misalnya dengan menerima jasa antar barang sampai rumah secara gratis, tentu hal tersebut bisa membuat konsumen senang dan semakin nyaman menjadi pelanggan setia kita. Jangan teralalu memikirkan nanti pendapatan dapat berkurang karena sebagai gantin ongkos, kembali lagi kepuasan konsumen menjadi hal yang sangat penting bagi bisnis kita.
    Demikian beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan loyalitas konsumen, tentu masih banyak cara lainnya tetapi cara diatas yang terlihat sepele sering diabaikan oleh pebisnis; padahal hal tersebut dapat memiliki makna yang berbeda bagi konsumen.
Baca Juga:



Posting Komentar untuk "Tips Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen dalam Sebuah Bisnis"

SUBCRIBE VIA EMAIL