Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

SIKasep – Cari Rumah Hanya dengan Satu Genggaman

cari rumah dengan SIKasep

Rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu. Dalam arti khusus rumah mengacu pada konsep-konsep social kemasyarakatan yang terjalin didalam bangunan tempat tinggal, seperti keluarga, hidup, makan, tidur, dan aktifitas lainnya. Dalam pengertian ini, tentu memiliki rumah merupakan impian semua orang. Namun, seperti yang kita rasakan pada saat  sekarang ini, dimana adanya Pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19), atau yang lebih kita kenal dengan virus korona ini memaksa kita untuk tidak leluasa untuk bepergian kemana-mana kecuali terpaksa dan sangat penting, itupun harus memegang Surat Keterangan Sehat atau Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) dan mematuhi protocol Kesehatan dari pemerintah demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tersebut.

Selain kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dimana masyarakat diharuskan untuk dirumah aja tanpa leluasa untuk bepergian kemana-mana, pemerintah juga mengeluarkan keijakan pola kerja Work From Home (WFH) dimana masyarakat tetap produktif bekerja dirumah dengan dukungan teknologi informasi tanpa adanya kontak fisik. 

Nah, dengan dukungan teknologi informasi dan kebijakan pola kerja Word From Home (WFH) ini dapat memudahkan masyarkat memperoleh rumah yang layak, terutama Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Hal ini sebenarnya sudah menjadi perhatian pemerintah dengan dibentuknya Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) kementrian PUPR dengan menyalurkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahaan (FLPP) sejak 10 tahun yang lalu, tepatnya 15 juli 2010.

Sekarang, dengan bantuan teknologi informasi yang semakin berkembang pesat, masyarakat dapat mengajukan pembiayaan perumahan bersubsidi hanya dengan satu genggaman saja, yaa.. hanya dengan satu genggaman smartphone yang ada di tangan anda sudah dapat mengajukan pembiayaan perumahan bersubsidi dengan sebuah aplikasi yang bernama SIKasep (Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan) yang dapat memudahkan masyarakat dalam mencari, mengajukan kredit rumah, dan memiliki rumah idaman bersubsidi tanpa harus keluar rumah dan kontak fisik dengan siapapun.

SIKasep


SIKasep merupakan sebuah aplikasi hebat yang diluncurkan oleh pemerintah pada Desember 2019, namun mulai berlaku pada Januari 2020. Dengan aplikasi SIKasep ini banyak hal yang dapat kita lakukan, mulai dari penentuan lokasi (seluruh Indonesia), mengajukan pembiayaan, memilih bank pelaksana (tercatat pemerintah bekerjasama dan menyediakan 37 bank pelaksana yang terdiri dari 10 Bank Nasional dan 27 Bank Pembangunan Daerah) dan segala hal lainnya sampai kita memiliki rumah yang kita inginkan. 

Animo masyarakat terhadap aplikasi ini sangat tinggi. Hal ini terlihat jelas dari jumlah masyarakat yang mengakses aplikasi ini. Tercatat hingga 2 juni 2020 mencapai 67.619 jumlah calon debitur yang mengakses aplikasi SIKasep, 22.930 belum mengajukan subsidi checking. 32.714 pengguna tidak lolos subsidi checking. Bahkan terdapat 9.712 calon debitur yang sudah dalam proses verifikasi bank dan 51 calon debitur sudah mengajukan dana FLPP. Tingginya minat masyarakat terhadap aplikasi ini, juga terlihat dari banyaknya jumlah penelpon yang masuk ke hotline bebas pulsa PPDPP di 0-800-10-77377. Per Januari 2020, tercatat ada sebanyak 2.093 penelpon. 

Ketersediaan hunian yang disajikan secara real time dalam aplikasi SIKasep tersebut didukung oleh para pengembang yang tergabung dalam asosiasi pengembang. Para pengembang secara terkini dan berkesinambungan terus memasok informasi hunian yang disediakannya melalui aplikasi Sikumbang (Sistem Informasi Kumpulan Pengembang) dan terintegrasi langsung pada SIKasep. Tercatat dalam database PPDPP per 26 Juni 2020 pukul 19.00 WIB, jumlah lokasi yang terdaftar pada aplikasi SIKumbang telah mencapai 10.408 lokasi, dengan lokasi yang lolos pengecekan sebanyak 3.374 lokasi, 9.694 data terintegrasi dengan SIKasep dan dapat lakukan akad, dan 29.135 rumah tersedia.
Melalui aplikasi SIKasep ini, pemerintah mempertemukan seluruh unsur yang terlibat dalam proses bisnis program subsidi bantuan perumahan, yaitu masyarakat, bank pelaksana, dan pengembang. Berdasarkan data yang terhimun oleh PPDPP per 26 Juni 2020 pukul 19.00 WIB pengguna SIKasep telah mencapai 175.510 calon debitur, dimana 143.438 calon debitur dinyatan lolos subsidi checking, dan 70.335 pengguna telah menerima dana FLPP.

Berdasarkan data dan rekam jejak yang jelas dari pemerintah, masyarakat tidak perlu ragu lagi untuk melakukan pengajuan proses KPR melalui aplikasi SIKasep. Selain mudah, aplikasi ini juga terjamin dan sudah mendapat sertifikasi dari Badan Siber Sandi Negara (BSSN). 

Nah, tunggu apa lagi, segera download aplikasi SIKasep di smarphone anda dan temukan rumah impian anda di masa depan hanya dengan satu genggaman tanpa harus keluar rumah.

untuk mengetahui lebih lanjut tentang aplikasi ini dapat merujuk langsung ke situs resmi Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) di https://ppdpp.id/.



Posting Komentar untuk "SIKasep – Cari Rumah Hanya dengan Satu Genggaman"

SUBCRIBE VIA EMAIL