Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Memilih Saham yang Tepat untuk Dibeli

saham

Mendapatkan keuntungan (profit) dari saham harus anda lakukan dengan cara memilih saham yang tepat. Saham yang tepat artinya anda memilih saham2 yang punya potensi naik, sehingga anda bisa mendapatkan profit baik jangka pendek maupun jangka panjang. 

Di pasar saham, ada banyak sekali strategi untuk memilih saham. Anda mungkin juga sering mendengar anjuran untuk membeli software yang bisa menghasilkan profit instan, ajakan2 untuk mengikuti grup2 berbayar dan lain-lain. 

Namun cara-cara tersebut tidak menjamin anda bisa memilih saham yang tepat. Jika anda ingin mendapatkan profit di saham, ada 4 cara memilih saham yang tepat untuk dibeli, yaitu sebagai berikut:  

1. Pilih saham yang berpotensi naik secara analisis teknikal

Pilihlah saham-saham yang memiliki pola2 analisis teknikal yang menunjukkan potensi rebound atau naik. Analisis teknikal di suatu chart dapat menujukkan 

Ada banyak pola analisis teknikal yang dapat memberikan sinyal2 saham yang bagus. Bisa menggunakan analisis support-resisten, moving average dan satu indikator leading untuk membaca saham2 yang punya potensi naik. 

Anda bisa pelajari juga full praktik analisis teknikal yang simpel dan mudah diterapkan untuk memilih saham2 yang bagus untuk jangka pendek.

Dalam memilih saham yang tepat untuk trading, pertimbangkan juga untuk memilih saham2 yang harganya sedang diskon / murah secara teknikal. Hal ini karena saham2 yang murah / diskon memiliki potensi rebound yang lebih cepat dibandingkan saham2 yang harganya sudah naik tinggi. 

2. Memilih saham yang punya kinerja fundamental baik

Jika anda seorang investor yang ingin membeli saham untuk jangka panjang, maka pilihlah saham-saham yang punya kinerja fundamental yang baik. Saham2 yang memiliki kinerja baik, harganya akan bergerak uptrend dalam jangka panjang. 

Dalam hal ini, untuk memilih perusahaan yang punya kinerja fundamental baik, anda harus memilih: 

  • Perusahaan yang punya kinerja keuangan baik 
  • Rutin membagikan dividen
  • Memiliki valuasi saham yang wajar 
  • Memiliki tren saham yang baik dalam jangka panjang 
  • Produk-produknya dibutuhkan masyarakat banyak 

Saham2 yang kinerjanya bagus dan unggul, memiliki ketahanan harga saham yang bagus, baik dalam jangka pendek maupun panjang, sehingga saham2 berfundamental bagus, selain bagus untuk investor, juga cocok untuk trader saham. 

3. Pilihlah saham-saham yang layak dibeli 

Untuk memilih saham yang tepat, anda harus memilih saham yang layak dibeli / ditradingkan dan hindarilah saham2 yang pergerakannya berisiko untuk anda. 

Pilihlah saham2 yang trennya bagus, saham2 yang bergerak secara likuid, mudah dianalisa secara teknikal, dan saham2 yang mudah rebound setelah harganya turun. Selain itu, anda hendaknya memprioritaskan saham2 yang sesuai atau cocok dengan karakter pribadi anda. 

4. Pilihlah saham yang unggul di sektornya 

Dalam memilih saham, ada baiknya anda memilih saham2 yang unggul di sektornya dengan cara membandingkan setiap pergerakan dan potensi yang ada pada saham tersebut. 

4 cara memilih saham yang tepat ini bisa anda terapkan ketika anda ingin membeli saham untuk profit lebih maksimal. Karena jumlah saham di Bursa Efek cukup banyak, sehingga anda harus bisa menyeleksi saham berdasarkan kriteria2 yang tepat. 

Posting Komentar untuk "Cara Memilih Saham yang Tepat untuk Dibeli"

SUBCRIBE VIA EMAIL