Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sektor Saham atau Indeks Sektoral di Bursa Efek Indonesia (BEI)

 

sektor saham

Di Bursa Efek Indonesia (BEI) terdapat 10 sektor saham, dan di dalam 10 sektor saham tersebut masih dibagi lagi menjadi berbagai macam sub sektor saham. 

Banyak rekan-rekan yang belum memahami sektor saham yang ada di BEI. Oleh karena itu, di pos ini saya ingin memberikan penjelasan detail mengenai daftar 10 sektor saham di BEI. Sektor saham di BEI sering disebut sebagai INDEKS SEKTORAL saham. Berikut daftar-daftarnya:

  1. Indeks sektor pertanian (AGRI)
  2. Indeks sektor pertambangan (MINING)
  3. Indeks manufaktur (MANUFACTUR) 
  4. Indeks sektor aneka industri (MISC-IND)
  5. Indeks sektor industri barang konsumsi (CONSUMER)
  6. Indeks sektor porperti (PROPERTY) 
  7. Indeks sektor infrastruktur, utilitas dan transportasi (INFRASTRUC)
  8. Indeks sektor keuangan (FINANCE)
  9. Indeks sektor perdagangan, jasa dan investasi (TRADE)
  10. Indeks sektor industri dasar dan kimia (BASIC-IND) 

Itulah 10 sektor saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sedangkan yang saya tulis pakai huruf besar merupakan kode sektor saham masing-masing. Kode sektor saham ini cukup penting anda perhatikan terutama kalau anda ingin menganalisa grafik (chart) dari setiap sektor. 

Kebanyakan para trader / investor pemula tidak mengetahui kode setiap sektor saham, sehingga tidak paham cara menampilkan grafik saham sektoral. Oleh karena itu, kode sektoral saham perlu anda pahami juga. 

Sebagai contoh, jika saya ingin menampilkan grafik saham khusus sektor keuangan dan sektor manufaktur, maka saya bisa ketikkan kode FINANCE (sektor keuangan), lalu untuk sektor manufaktur ketikkan kode (MANUFACTUR) pada chart saham di software online trading. Kemudian akan muncul grafik setiap sektor sebagai berikut:    

sektor saham
Sektor saham BEI - grafik sektor finance

sektor saham
Sektor saham BEI - grafik sektor manufaktur


Anda bisa menampilkan grafik sektor saham pada software online trading anda masing2. Anda hanya perlu ketikkan kode sektoralnya, sama seperti ketika anda ketikkan kode saham. 

Grafik saham sektoral menampilkan pergerakan chart dari seluruh saham di sektor termasuk sub sektornya. Jadi katakanlah anda ingin melihat grafik sektor FINANCE, maka grafik yang muncul bukan hanya grafik sektor perbankan, tetapi juga termasuk seluruh sub sektor yang ada di finance yaitu sub sektor asuransi, perusahaan sekurita, institusi keuangan dan lain2. 

Semoga artikel ini bisa membantu rekan-rekan yang sedang mencari sektor saham di BEI, beserta kode setiap sektoral untuk analisa chart. Terimakasih sudah membaca.

Posting Komentar untuk " Sektor Saham atau Indeks Sektoral di Bursa Efek Indonesia (BEI)"

SUBCRIBE VIA EMAIL