Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

13 Kumpulan Jurus Andalan yang Bikin Kamu Jago NgeBlog

BLOGGER

4 Cara Mendapatkan Ratusan Pengunjung di Blog Anda

Pengunjung adalah urat nadi suatu blog, bahkan pengunjung blog anda adalah penghasilan anda , tanpa pengunjung blog akan terasa hampa dan tak-apa apanya. Saya yakin anda menginginkan blog anda memiliki banyak pengjung baru maupun pengunjung tetap.

Untuk Mendapatkan pengunjung di suatu blog bukanlah hal sulit mapun mudah, ada sulit dan mudahnya. Jika hanya 1 pengunjung mudah bukan? , jika ribuan pengunjung? Apakah anda sanggup?.Kebanyakan orang beranggapan bahwa Semakin banyak membuat artikel di blog akan semakin banyak pula traffic yang didapat. Itu SALAH. Dengan memanfaatkan beberapa cara berikut, jumlah artikel yang sedikit itu tak masalah. Bagaimana Caranya?

1. Pakailah Teknik Video Marketing

Jujur saja, saya belum pernah mencoba hal ini. Karena keterbatasan internet saya untuk mengupload file video yang rata-rata ukurannya diatas 35 mb ( untuk waktu hanya 3 menit ). Akan tetapi video 50% memiliki peluang ranking tinggi di hasil penulusuran ( search results) dibandingkan teks biasa. Itu membuktikan bahwa video mempunyai rank yang lebih tinggi di hasil pencarian. dan kabar baiknya, Google sudah menyediakan layanan itu, Youtube. Youtube luar biasa untuk mengaplikasikan teknik Video Marketing ini.

2. Guest Blogging

Jika anda mengenal Zac Zanson, Danny Iny, dan Leo Batuta. Mereka semua menggunakan teknik Guest Blogging. Guest Blogging memiliki 2 manfaat penting. 

Pertama dengan Guest Blogging kita akan mendapatkan pengunjung karena bisa memprosikan web kita saat kita menulis artikel untuk guest blogging dan yang kedua adalah backlink, Guest Blogging sangat cocok untuk membangun strategi Link Building.

3. Social Media

Tak salah Lagi, Social Media menjadi sarana sebagai media promosi efektif jika anda menggunakannya dengan benar, ada banyak sekali alat social media, kunci dari social media adalah aktif, anda harus aktif dalam lingkungan sosial media anda. Dengan begitu anda akan terkenal dalam sekejap saja.

4. Podcasting

Layanan Podcast sangat berguna sekali jika penggunaanya tepat, kebiasaan manusia dunia maya jaman sekarang, malas untuk membaca artikel, mereka lebih suka mendengarkan suara melalui itunes. Podcast bisa menjadi pilihan anda untuk mendatangkan traffic berlimpah.

Selain 4 Cara diatas, anda bisa memanfaatkan auto responder, search engine, blogwalking sebagai cara ataupun media untuk mendapatkan pengunjung berlimpah ruah. Akan tetapi Kualitas Konten menjadi penentu utama suatu blog. Oh ya, Silahkan Anda coba keempat cara tersebut, pengunjung anda akan naik perlahan bahkan drastis. 

BLOGGERS

12 Tips Rahasia Mendapatkan Banyak Komentar di Blog Anda

Sebagian dari anda mungkin akan bertanya, bagiamana mendapatkan banyak komentar di blog. Atau sekedar iri melihat blog teman anda yang memiliki banyak sekali komentar di artikel blognya, siapkah anda untuk tahu 12 Rahasia berikut untuk mendapatkan banyak komentar di blog anda? 

1. Ajukan Pertanyaan Kepada Pembaca

Nah, Bahasa gaulnya adalah CTA atau Call To Action, Call To Action terbukti ampuh untuk menyumbang partisipasi pengunjung blog anda

2. Balas-lah Komentar Pembaca Blog Anda

Selagi komentar masih bisa belum banyak, alangkah baiknya kita menjawab komentar pembaca. siapa tahu dia menjadi pembaca setia blog anda.

3. Permudah Pembaca untuk Berkomentar

Percayalah, hilangkan fitur "captha" pada blog anda, bayangkan saja, anda sudah bersemangat mau berkomentar di blog seseorang eh, malah ada "captha". Mungkin sebagian anda akan kesal dan langsung tutup tab, hahaha. Begitu juga pembaca blog anda, buat mereka mudah untuk berkomentar..

4. Berikan Insentif untuk Komentar di blog Anda

kalo soal begini, saya jadi ingat dengan "politik balas budi", berilah balasan kepada orang yang sudah mau berkomentar di blog anda, gak usah repot-repot kok, anda bisa memberi ebook, dofollow backlink, atau yang lain :).

5. Tulislah Artikel dengan Bahasa yang Santun

Walaupun gak begitu nda ada hubungannya dengan "Menarik Pembaca Untuk Berkomentar", tetap saja ada pengaruhnya, dengan bahasa yang santun, Insya Allah para pembaca akan berkomentar "positif" dan santun.

6. Doronglah Pembaca untuk Berkomentar

Yap, doronglah pembaca untuk berkomentar dengan topik tertentu, tergantung dengan artikel yang kita tulis, Ingat! jangan ragu-ragu untuk meminta.

7. Tulislah Artikel yang Memancing Perhatian Pembaca Blog Anda

Buatlah Aartikel yang memancing perhatian pembaca blog anda, dan memaksanya untuk berkomentar. Tapi, tip yang satu ini, jangan terlalu sering digunakan, yang ada malah pembaca blog anda tidak mau berkunjung lagi ke blog anda :D. wkwkwkwk.

9. Membuat Kontes Komentar Terbanyak

Cara ini relatif berhasil, dengan membuat kontes komentar terbanyak ( jangan lupa hadiahnya :D ), maka pembaca akan tergerak untuk berkomentar karena melihat ada "hadiahnya". Poin penting, hadiahnya diusahakan harus menarik.

10. Mari Membangun Budaya Berkomentar yang Positif !

Hal ini harus dimulai dari blog anda sendiri, kalau anda sering membalas komentar dengan negatif, maka pembaca pun juga malas berkomentar di blog anda.

11. Berkomentar di Blog Lain

Sembari blogwalking, tidak ada salahya kita berkomentar. barangkali kita bisa mendapatkan pembaca baru dan tidak kecil kemungkinan menjadi pembaca tetap blog anda.

12. Mulailah dengan Kualitas Konten Blog yang Baik

Kualitas konten juga berpengaruh dalam menarik partisipasi pembaca untuk berkomentar di blog anda. Jadi, buatlah pengunjung anda puas dengan tulisan anda.Bagi saya, komentar pembaca menjadi penyemangat saya dalam dunia blogging, di dunia blogging tak ada yang instan. Sabar dan persisten menjadi kuncinya

Rumus Untuk Mendapatkan Komentar dari Pembaca Blog Anda. 

Siapa yang tak mau untuk mendapatkan banyak komentar dari pembaca blog anda, tentunya anda akan senang jika artikel anda dikomentari oleh orang lain. Bagaimana mendapatkan komentar dari pembaca?

Rumus untuk mendapatkan banyak komentar tidak terlalu rumit, ini adalah rumus sederhana yang membuat blog banyak komentar.

Judul yang menarik + Isi konten + CTA ( Call To Action ) = Banyak Komentar

Dari rumus tersebut kita dapat mensatukannya agar mendapatkan komentar yang cukup banyak. Ketiganya wajib dipraktekan saat membuat posting.

Judul Yang Menarik

Sebuah judul adalah kepala dari sebuah artikel. Semakin menarik judulnya semakin banyak yang membuka. Tidak perlu dijelaskan secara rinci tentang judul yang menarik, pasti semua bisa membuat judul yang menarik.

Isi Konten

Cara satu ini sudah sering dibahas di blog lain. Isi konten memang sangat penting, konten positif membawa banyak komentar positif.

CTA ( Call To Action )

Masih jarang yang menggunakan cara ini, cara ini memang sangat ampuh untuk mendapatkan banyak komentar positif. Caranya cukup mudah hanya menuliskan kalimat dibawah artikel. Kalimatnya yaitu " jadi ini tips yang bisa saya bagikan, jika anda mempunyai tips yang lebih pintar, boleh dong berbagi di komentar... " Seperti itu modelnya, kita dapat menggantinya dengan kata - kata lain.

Call To Action dapat berbentuk pertanyaan maupun ajakan. Untuk yang berbentuk ajakan sudah dibahas diatas, untuk berbentuk pertanyaan seperti ini :

Apa yang anda pikirkan terhadap posting kali ini ?

Apakah anda ingin menambahkan tips jitu lainnya ?

Apakah cara ini cocok untuk blog anda ?

Intinya CTA digunakan untuk mengajak para pengunjung untuk berkomentar, Call = memanggil, Action = tindakan. Berarti CTA adalah Memanggil para pengunjung agar mau bertindak untuk berkomentar.

Hapuslah Chapta di blog anda. Chapta membuat pengunjung malas untuk berkomentar karena chapta biasanya bertuliskan tulisan yang rumit dan susah, beberapa pengunjung sangat malas untuk menuliskan kode chapta yang ada

BLOGGER

9 Tips Biasa Social Media Optimization ( SMO )

Mungkin sebagian dari anda belum pernah mendengar atau bahkan tidak tahu tentang SMO. Social Media Optimization adalah strategi promosi online dengan mengoptimalkan tools dan platform social media. Tools dan Platform Social Media adalah berbagai media yang digunakan oleh pengguna internet untuk berbagi opini, berpendapat, berbagi pengalaman, berbagi pandangan dengan pengguna internet lain, dan masih banyak lagi.

Contoh social media antara lain :

1. Social Bookmarking

Digg

Delicious

2. Social Networking

Facebook

MySpace

3. Microblogging

Twitter

Plurk

dan masih banyak lagi.

Lalu, bagaimana caranya mengoptimalkan atau mengoptimasi social media untuk blog 

anda? 

1. Permudah Pembaca untuk Melakukan Sharing dan Bookmarking

Anda harus mempermudah pembaca untuk sharing konten blog anda. sediakan tombol sharing dan book marking. anda bisa memanfaakan ShareThis, AddThis, dan lain-lain.

2. Buat Konten Blog Anda Tersebar

Yap, Jangan menunggu orang lain menyebarkannya. tapi Anda yang menyebarkan konten blog anda. dengan submit ke situs social bookmarking, share di facebook, tweet di twitter dan masih banyak lagi.

3. Buatlah Konten Blog yang Layak Di-Link

Bayangka saja, jika anda promosi akan tetapi konten blog anda sendiri tidak bagus, siapa yang mau membaca. sebagus apapun teknik dan strategi SMO yang anda pakai, jika kontennya kurang memberi manfaat untuk pembaca, akan sia-sia strategi yang sudah anda buat.

4. Permudah Pembaca Menggunakan Konten Blog Anda

Biarkanlah Pembaca atau orang lain mempermosikan konten blog anda. toh, anda juga untung, di promosikan secara gratis oleh orang lain. akan tetapi, jangan lupa untuk memberi syarat pada penggunaan artikel anda.

5. Berilah Penghargaan atau Award untuk Pembaca Blog Anda

Bayangkan, orang yang sudah mempromosikan blog anda secara cuma-cuma, tanpa pamrih. berilah penghargaan kepada pembaca blog anda. karena blog tanpa pembaca. itu blog bukan apa-apa.

6. Bangun Komunitas Blog Anda

Anda bisa menggunakan fitur "Grup" di Facebook, untuk membangun komunitas blog anda. datangkan dengan member yang satu jalur, jika blog anda bertema game, undang member grup anda dengan para gamer. jika blog anda berisi dengan tutorial blog. undang para blogger.

7. Coba dengan Hal yang Baru

Social Media selalu update tiap menitnya, tools, situs baru dan lain-lain. oleh karena itu, ayo mulai dengan hal yang baru.

8. Bersikap Santun dan Jujur kepada Pembaca Blog Anda

Tidak hanya dunia nyata, bergaul di dunia mya pun kita harus santun dan jujur. jika anda melakukannya, itu akan mengingkatkan kepercayaan orang terhadap anda.

9. Terlibat dalam Aktifitas Social Media

Jika Anda bicara social media, anda harus aktif di dalamnya. terlibat dengan pembaca blog anda. dengan begitu, berita dari blog anda, bisa tersebar dengan cepat.Apakah anda sudah melakukan optimasi Social Media? jika belum, tunggu apalagi?

BLOGGER

Kontes Blog : Kerugian dan Keuntungannya? 

Untuk membuat kontes blog tentunya memiliki keuntungan dan kerugian, dengan mengenali keuntungan dan kerugiannya, minimal anda akan lebih ceramat mempersyiapkan syarat, hadiah , waktu kontes maupun tujuan kontes. Dengan begitu anda dapat semakin berhati-hati dan dapat menghindari hasil yang tak diinginkan di akhir kontes. 

Pada artikel ini, kita dapat melihat apa saja keuntungan dan kerugian dari membuat kontes blog. 

 Keuntungan : 

1. Menjaga Pembaca lama 

Melalui kontes blog, anda bisa menjaga loyalitas pembaca lama blog anda. Dengan begitu anda tidak kehilangan pembaca lama anda 

2. Mendapatkan Pembaca Baru 

Kontes blog bias menjadi sarana promosi untuk mendapatkan pembaca baru. Dengan persiapan yang matang dan benar, kontes blog sangat efektif dalam meningkatkan pembaca baru blog anda. 

3. Membuat Viral Words dan Buzz 

Yap, kontes blog juga bisa menjadi sarana yang amat baik untuk mempromosikan blog anda dengan menciptakan viral words dan buzz, semakin besar efek “buzz” yang bias anda ciptakan, maka anda berpeluang mendapatkan banyak audiens pembaca blog yang akan mengunjungi blog anda. Kontes dengan Hadiah yang besar dan Unik, akan menciptakan efek promosi yang besar dan efektif. 

4. Mendapatkan backlink 

Kontes berjenis review cukup bagus untuk mendapatkan backlink dalam jumlah besar. Dengan membuat kontes review, anda akan memberikan syarat untuk mentautkan link tertentu untuk menuju blog yang anda ingin promosikan. Karena kontes review memberikan hasil berupa backlink, maka dapat mendongkrak posisi SERP anda maupun PR Blog anda. 

5. Meningkatkan Partisipasi Pembaca blog anda 

Membuat kontes blog bisa menjadi media interaksi dan partisipasi pembaca, dengan persiapan matang. Suatu kontes bisa menjadi sarana mendekatkan pembaca blog anda dengan anda. 

6. Membangun Komunitas 

Dengan menyelipkan syarat harus menjadi suatu anggota di suatu forum blog anda, fanspage anda maupun twitter anda, dll di kontes blog anda, anda bias membangun komunitas dari kontes blog yang anda senggelarakan 

7. Meningkatkan PageViews 

Tentu saja dengan kontes blog, PV blog anda bisa naik drastis. Apalagi meminta peserta kontes untuk mengomentari artikel-artikel lama blog anda. 

Kerugian : 

1. Biaya Kontes lebih besar daripada untung yang didapat 

Jika tak di persiapkan dengan matang, membuat kontes bisa jadi akan memberikan hal yang tidak sesuai yang anda harapkan. Contoh,  tujuan awal anda promosi, akan tetapi biaya kontes blog yang harus dikeluarkan lebih besar daripada mempromosikan di jasa PPC Lokal. 

2. Peserta kontes banyak yang tak dapat hadiah 

Biasanya, dalam kontes blog. Akan lebih banyak peserta yang sedih ( belum tentu kecewa lho ) karena tak mendapat hadiah dibandingkan yang senang karena mendapatkan hadiah. Efek yang dapat ditimbulkan, setelah menyelenggarakan kontes, tak terjadi peningkatan pengunjung yang berarti. 

3. Hasil Kontes kurang Memuaskan 

Sama dengan poin pertama, jika tak dipersiapkan dengan matang-matang. Maka kontes bisa jadi tak memuaskan anda. Contohnya salah memilih kontes blog. Anda memilih kontes komentar untuk membuat buzz words. Tapi karena jenis kontes yang tak tepat, buzz words tidak tercipta 

4. Cukup banyak waktu dan tenaga yang tersita karena kontes 

Jika anda ingin membuat kontes blog, saya menyarankan untuk meluangkan waktu lebih banyak ke arah kontes. Karena anda harus memantau berjalannya kontes, dari mualai menjawab tanggapan, dll. Apalagi belum dengan jadwal posting blog anda. 

5. Buzz Words yang berujung Negatif 

Yap, jika anda tak menyiapkan kontes dengan benar ( hadiah tak sesuai dengan jumlah peserta, syarat terlalu banyak, dll ) maupun tak mengelola kontes dengan  benar, apalagi tak menempati janji anda untuk memberikan hadiah kepada pemenang, akan membuat negative buzz words. Tersebarnya berita yang tak sedap mengenai blog anda. 

Dalam membuat kontes blog, anda harus menyiapkannya secara matang-matang dari segi material maupun nama baik anda dan blog anda. Jadi, jangan hanya asal-asalan membuat kontes, yang penting ada hadiah anda langsung menyelenggarakan kontes. Yang terjadi malah anda terkena caci maki dll. 

Intinya, persiapkanlah kontes blog anda secara matang-matang, publikasikan dan promosikanlah! Ingat, kontes blog anda sama saja dengan produk. Maka teknik marketing anda pun diuji juga. Semakin banyak peserta, membuktikan bahwa anda mempunyai teknik marketing yang bagus. 


Apa yang Harus dipersiapkan Sebelum Menyelenggarakan Kontes Blog ? 

Apa sajakah yang harus dipersiapkan sebelum menyelenggarkan kontes? Apa saja yang menjadi faktor kegagalan suatu kontes blog? Apakah hadiah berpengaruh? 

Pada artikel ini, kita akan mengulas apa saja yang harus dipersiapkan sebelum membuat kontes blog. Berikut ini hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum menyelenggarakan kontes blog : 

1. Hadiah/Reward 

Hadiah menjadi poin penting dalam penyelenggaraan kontes, karena hadiah biasanya menjadi tujuan utama para peserta untuk memenangkan suatu kontes, maka Anda sebagai penyelenggara harus menyiapkan hadiah yang pantas dan sesuai ( hadiah sesuai dengan kontes yang diadakan, hadiah dengan perkiraan peserta haruslah tepat ), jika tidak maka yang terjadi calon peserta mungkin tak akan ikut serta dalam kontes blog yang anda buat. 

2. Tujuan Utama 

Sebenarnya apa tujuan anda menyelenggarakan kontes blog? Traffic- kah? Backlink? Popularitas? Atau apa?. Jika Traffic/Pengunjung saya sarankan untuk anda seringseringlah berpromosi di web-web strategis, teknik marketing anda sangatlah penting dalam hal ini. Backlink? Jika backlink yang menjadi tujuan utama anda, anda harus pintar-pintar mencari calon peserta yang memiliki blog/web dengan PR tinggi. 

Popularitas? Sama dengan Traffic dan Pengunjung. 

3. Peserta 

Anda harus bisa memperkirakan jumlah peserta kontes blog anda. Peserta yang terlalu sedikit bisa menyebabkan kerugian di pihak penyelenggara, akan tetapi jika terlalu banyak dan tak seimbang dengan hadiahnya mungkin saja anda akan mendapat “negative buzz words” 

4. Waktu 

Penentuan waktu juga cukup penting, untuk kontes komentar. Waktu 1 minggu sudah cukup lama. Dan untuk kontes review, biasanya waktu 1 bulan sudah cukup pas waktunya. Kontes yang terlalu lama terkadang membuat jenuh peserta, akan tetapi waktu yang terlalu singkat membuat peserta tak siap bahkan ada calon peserta yang ingin mendaftar, akan tetapi telat karena waktu yang terlalu cepat. 

5. Tentukan Target Anda! 

Sebelum membuat kontes, tentukan target yang akan dicapai. Contohnya 15000PV/day, 40 backlink blogroll PR 1 keatas ( khusus kontes review ),  lebih dari 40 komentar dalam 1 postingan.  Dengan begitu anda akan mencari cara agar kontes blog anda mencapai target yang sudah anda tentukan. 

Jadi, jangan pernah asal-asalan dalam menyelenggarakan kontes, ingat! Persiapan anda akan berpengaruh pada hasil kontes blog yang anda selenggarakan. Bagaimana menurut anda? 

BLOGGER

15 Cara Tingkatkan Traffic Blog Anda 

Anda sebagai blogger ataupun internet marketer saya yakin pasti membutuhkan traffic yang besar dan Anda akan mengharapkan selalu mendapatkan kebanjiran traffic setiap harinya. Tapi bagaimana kah caranya mendapatkan Traffic yang melimpah?? Ingat lho, traffic itu bagaikan nadi di blog kita. 

Apa sajakah itu? 

1. Melakukan Guest Blogging di Blog/Web dan Menulis Artikel dengan menyisipkan link kembali ( link back ) ke website anda. 

2. Tulislah Ebook lalu sebarkanlah!. Untuk Meningkatkan Suscribers Blog anda juga, giringlah pembaca blog anda untuk menSuscribe blog anda ( gunakan fitur FeedBurner ) 

3. Tweet/Post ke Facebook Link Posting Blog yang sudah anda buat. 

4. Buatlah Facebook Fanspage Blog anda. Update setiap hari. 

5. Buatlah Kontes Bulanan. Untuk meningkatkan Pembaca, dan menjaga pembaca lama. 

6. Lakukan Teknik Promosi ala Gerliyawan ( Guerilla Marketing ) 

7. Jika anda memiliki Budget lebih, anda bisa memasang iklan di PPC Advertiser. 

8. Pastikan Blog anda memiliki versi Handphone/Mobile Version 

9. Submit Konten Blog anda di Social Bookmarking 

10. Manfaatkan Fitur dari FeedBurner untuk membangun suscribers blog anda. 

11. Lakukan BLOGWALKING 

12. Gunakan Widget SLIDER/TOP POST di blog anda. 

13. Submit Artikel anda ke Article Directories. 

14. Gunakan EMAIL SIGANTURE untuk Promosi via Email. 

15. Gunakan Google Analytics untuk Membidik Target Traffic anda. 

BLOGGER

6 Keuntungan Memiliki Blog dengan Niche Blogging 

Apa sih keuntungannya memilih niche blogging? bukannya susah tuh? mungkin anda akan terpikir seperti itu, apalagi anda yang baru memulai karir blog anda. Ada banyak macam niche blog, dari mulai gosip, game, teknologi, budaya, politik bahkan debat agama. 

Anda bisa melihat mayoritas niche blog terpopuler di Top 100 Blogs Technorati, ada gaming, politik, berita, dan lain sebagainya. 

Apa itu niche blogging? Niche Blogging adalah aktivitas blogging yang secara khusus dilakukan dengan cara membuat blog dengan topik tertentu. 

Terus, kenapa memilih niche blogging? Ini dia Alasannya. 

1. Membangun Komunitas 

Orang suka berkumpul dengan minat yang sama. yap, pembaca blog anda tidak hanya membaca blog anda. akan tetapi sekaligus berdiskusi dengan anda. 

2. Menjadi Spesialis/Ahli/Master 

Jika anda memiliki niche blog memungkinkan anda fokus pada topik tertentu. dan menjadi spesialis dalam niche tersebut. maka teman anda mungkin akan sering bertanya pada anda pada niche yang anda spesialisasi. 

3. Memikat Pembaca Setia 

Dengan tulisan yang berkualitas dan banyak orang yang membutuhkan, mungkin saja yang awalnya iseng menemukan blog anda. menjadi blog setia anda karena niche blog yang menjadi kebutuhan. 

4. Menarik Iklan Mandiri dan Konteksual 

Niche Blog juga berpeluang untuk menarik iklan konteksual ( seperti google adsense ), semakin relevan iklan yang ditampilkan, semakin banyak yang menge-klik. dan juga 

Iklan mandiri, niche blog sangat berpeluang menarik perhatian  para pemasang iklan. 

5. Banyak Inspirasi untuk Menulis Artikel. 

Yap, niche blog sangat banyak idenya untuk menulis, tidak percaya? ada problogger, shoemoney, bloggingtips, dll. walaupun bahasa inggris, bahasanya masih mudah di mengerti. 

6. Konversi Lebih Tinggi 

Jika anda ingin menjual blog/produk bisa jadi mempunyai konversi yang lebih tinggi. karena niche blog lebih targeted atau spesifik. 

So, jika anda pusing memikirkan niche, niche blogging mungkin bisa jadi pilihan anda. 


10 Tip Kilat Menjadi Blogger Produktif 

Pernah merasa tidak mempunyai waktu untuk menulis di blog anda? atau kesulitan dengan mengatur waktu blogging dengan kesibukan yang lain? atau sudah malas dengan dunia blogging?

Memang, tantangan terbesar jika menggeluti dunia blogging adalah memanfaatkan waktu dengan efisien dan efektif. tak sedikit blogger yang akhrinya berhenti  menulis di blognya setelah sekian bulan ia menggeluti dunia blogging hanya karena kurang atau gagal memanfaatkan waktu dengan baik. 

1. Buatlah Jadwal Posting Harian dan Mingguan 

Jika Anda memiliki waktu luang semisal hari minggu. Anda bisa memanfaatkan hari minggu untuk menulis artikel di blog anda, lalu jadwal terbitnya posting tersebut. Jadi, jika anda sibuk anda tidak perlu menekan tombol "Publish", posting tersebut akan terpublish sendirinya. 

2. Fokuslah Pada SATU Niche dan Minat Anda 

Konsistenlah pada satu niche dan minat anda. jika anda suka komputer buatlah blog yang berisi tema komputer, jika anda tertarik dunia blogging buatlah blog bertema blogging. FOKUS pada SATU niche, jangan 1 blog dengan isi seperti gado-gado ( kecuali blog pribadi ).  

3. Cek Stats dan Earning HANYA SEKALI Sehari 

Cek-lah stats dan earning sekali dalam sehari, ini untuk mempersingkat waktu blogging anda. 

4. Membaca blog Favorit anda HANYA melalui RSS 

RSS, dengan RSS kita dengan mudah membaca blog-blog yang kita sukai dengan hanya 

1 klik, lebih efisien, lebih baik. 

5. Bawalah Buku Catatan dan Pena kemanapun Anda Pergi 

Siapa tau anda mempunyai cerita menarik dalam suatu perjalanan, anda bisa menulisnya di buku catatan. :) 

6. Buatlah tenggat Waktu Menulis Posting 

Terkadang, kita terlalu lama memikirkan ide saat menulis, buatlah tenngat waktu dalam menulis posting. 

7. Gunakan sebagian waktu anda untuk BERPIKIR tentang BLOGGING 

Jika anda serius dengan dunia blogging, luangkan waktu anda untuk memikirkan tentang blogging. 

8. BERPIKIR POSITIF Apapun Yang Terjadi. 

Selalu berpikir positif, maka Insya Allah, yang terjadi adalah positif. itu salah satu motivasi dalam blogging. 

9. Lakukan Semua dengan GEMBIRA! 

Jika anda melakukan semua hal dengan gembira, hal berat pun terasa ringan. 

10. Selalu dengan INOVASI baru. 

Ini Penting, agar pengunjung blog anda menjadi pengunjung tetap blog 

BLOGGER

Apa Itu SEO?? 

Search Engine Optimization atau biasa disebut SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan oleh pemilik blog agar blognya dapat masuk ke Halaman Mesin Pencari seperti Google, yahoo, dan bing.

SEO memang sangat penting untuk blog. Menggunakan SEO dengan benar hasilnya cukup memuaskan, seperti blog anda akan masuk SERP ( Search Engine Result Page ) pertama di mesin pencari. 

SEO dibagi menjadi Dua : 

1. SEO On Page 

2. SEO Off Page 

SEO On Page adalah Optimasi Blog yang dilakukan di Blognya sendiri tanpa menggunakan Website / Blog lain. Contohnya seperti memasang meta tag, Heading, Bread Crumb dan yang lain. SEO On Page digunakan pada saat awal mengoptimasi sebelum masuk ke yang berikutnya. 

SEO Off Page adalah Optimasi Blog yang dilakukan di Luar blog. Tekhnik ini digunakan dengan cara Ping, submit ke webmaster, submit ke sosbok, dan mencari backlink di blog lain. Backlink sangat penting bagi blog, backlink dapat diibaratkan sebagai rekomendasi link yang diberikan blog lain. Semakin banyak backlink maka blog akan semakin diperhatikan Search Engine. 

Mesin Pencari memiliki Spider, yaitu program khusus yang dibuat untuk melacak suatu blog atau website. Spider akan menentukan manakah yang layak dimasukan maupun yang tidak. Jika suatu blog atau website layak maka akan dimasukan di database mesin pencari dan akan ditentukan pula posisi url blog tersebut. 

Beberapa Kesalahan SEO mungkin sering dibuat oleh para blogger. Mereka yang sangat bersemangat untuk mengoptimasi blognya sehingga lupa akan efek samping yang didapat. Banyak yang mengoptimasinya dengan OVER ( Berlebihan ) seperti Ping terlalu banyak. mencari jalan dengan cara Black Hat SEO. Tentunya dengan cara yang berlebihan akan membuat blog atau website tidak terindeks mesin pencari. 

Dengan cara SEO yang Over akan membuat artikel atau blognya melesat masuk ke atas mesin pencari dan lama kelamaan akan hanyut entah kemana. Cara Black Hat harus dihindari dan jangan sampai dicoba. Penggunaan SEO harus dengan cara yang benar dan tidak melanggar guidelines Google. SEO harus dipahami baik - baik agar saat mengoptimasi tidak akan salah penggunaan. 

Saat mengoptimasi juga perlu mempertimbangkan tulisan. Jangan hanya memikirkan SEO saja, tetapi juga memikirkan pembaca blog kita. Buatlah pembaca blog agar betah dan enak membaca di blog. Dengan cara tidak memberi Bold / italic / UnderLine berlebihan di keyword tiap artikel, dan yang lain. 

Pelajari SEO mulai dari awal adalah cara yang sangat mudah digunakan cara ini biasa disebut step by step. Mungkin beberapa cara SEO tidak diberikan di artikel ini tetapi akan diberikan di artikel yang lain agar artikel ini lebih terfokus ke satu titik. Dengan cara step by step membuat pemilik blog lebih mudah mempelajari dan lebih mudah untuk mengingatnya. 

Hati - hatilah dengan bermain SEO, seperti yang dijelaskan diatas dapat membuat blog tidak terindeks di mesin pencari. Gunakan SEO secukupnya saja dan jangan terlalu over optimasi.  

Ini adalah artikel yang cukup penting untuk blog anda. Silahkan pelajari baik - baik dan selamat belajar SEO 


5 Tips SEO untuk Blog Anda! 

Lebih dari 70% Pengguna internet mereka menggunakan search engine untuk beberapa kebutuhan, dan diyakini 90% dari mereka menggunakan Google sebagai mesin pencarinya.

5 Tips SEO untuk Blog ini akan memberikan tips sebagai "panduan" mengoptimasi blog Anda. Mari lebih lanjut! 

1. Konten Unik dengan Kualitas yang Baik 

Konten yang baik dan konten yang uni dimulai dari menulis sendiri artikel tersebut, bukan dari copy-paste artikel blog lain. menghindari copy-paste, menyebabkan blog/website Anda memiliki rating yang lebih di mata Google. 

2. Membuat Backlink(s) yang Relevan 

Link building adalah salah satu hal utama dalam optimasi SEO. Dulu, relevansi antara backlink dengan blog/website tidaklah penting, asal PR besar, pengaruhnya besar. Namun kini, di zaman Google Penguin dan Google Panda, relevansi antara backlink dengan blog/website sangatlah penting. 

3. Memilih Kata Kunci 

Panjang ideal suatu kata kunci yang hendak dibidik adalah 2-3 kata. walaupun terkadang orang Indonesia suka dengan Long tail keyword :). Lakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum memposting artikel. 

4. Periksalah Volume Pencarian Kata Kunci Anda 

Volume pencarian haruslah diperiksa sebelum menentukan kata kunci yang akan dibidik. di rekomendasikan membidik kata kunci abadi. jadi, kita tak rugi memposting hanya untuk 1x event seperti kata kunci sementara. 

5. Hindari Pengulangan Kata Kunci yang Berlebihan 

Kata kunci yang berlebihan diulang kini kurang baik, update terbaru dari Google mengatakan bahwa kepadatan kata kunci maksimum adalah 2%. 


5 Cara Promosi Blog yang Efektif  

Setelah memposting di blog. Suatu hal yang wajib dan perlu adalah mempromosikannya. Promosi adalah hal yang mudah, namun promosi akan sia-sia jika kita tak punya strateginya. Anda penasaran? mari simak artikel berikut ini. 

1. Optimasikan Social Media 

Social media sudah terbukti ampuh untuk mempromosikan suatu produk, termasuk blog. Facebook dan Twitter bisa menjadi pilihan Anda dalam mempromosikan blog di social media 

Setiap social media memiliki seperti peraturan yang khusus. Facebook, jika Anda berpromosi setiap jam bahkan setiap beberapa menit, itu akan sangat menggangu user yang lain. lalu Twitter, jika Anda mempromosikan setiap beberapa detik ( bisa lho ), ini menyebabkan followers Anda akan meninggalkan akun Anda. 

2. Posting Tulisan ke Social Bookmarking 

LintasMe, VivaLog, dsb. bisa menjadi pilihan terbaik untuk mempromosikan blog Anda di social bookmarking. saya sudah mencoba keduanya, dan hasilnya sangat baik. 

3. Melakukan Guest Blogging 

Melakukan guest blogging atau menjadi penulis tamu, sangatlah baik dalam berpromosi. apalagi jika kita melakukan guest blogging secara rutin di blog-blog besar. jujur saja, saya belum mencoba cara ini, namun dalam waktu dekat saya akan mencoba guest blogging di beberapa blog yang bertopik sama dengan FathiRauf.com 

4. Blogwalking 

Blogwalking di banyak blog bisa sangat efektif jika kita berkomentar di blog yang satu topik dengan Anda. 

5. Call To Action 

Hahaha! call to action terbukti SANGAT MANTAP jika diduetkan dengan social media. saya sudah mencobanya. di twitter, saya bisa mendapatkan 22 Retweet satu kali post. 

dan 1 lagi, 5 cara promosi blog secara efektif diatas TIDAK AKAN efektif jika ANDA tidak langsung ACTION! 


8 Jurus Menulis Artikel dengan Waktu 25 Menit! 

Menulis artikel dengan waktu hanya 25 menit? berbobot dan harus teroptimasi?, bisakah Anda Melakukannya? Saya akan berbagi 8 jurus menulis artikel dengan waktu 25 menit!. Perlu Anda ingat, bahwa menulis artikel itu tidak sekedar hanyalah sebuah tulisan, sebuah artikel yang baik haruslah berbobot, lebih mantap lagi jika nantinya di publish di blog, artikel tersebut di optimasi. "apa gak butuh waktu lama tuh?", jawabannya tidak, jika Anda benar-benar memanfaatkan waktu. 

 Inilah 8 Jurus Menulis Artikel dengan Waktu 25 Menit: 

Jurus 1: Mencari Ide 

Ide sifatnya tak terbatas, ide yang sederhana akan tetapi sangat bermanfaat bagi pembaca, itulah yang terpenting. Mencarinya pun tak sulit, cukup apa yang ingin Anda bagikan, tuliskan. ( waktu yang diperlukan lebih-kurang 2 menit ) 

Jurus 2: Riset Kata Kunci 

Ini penting ( kecuali Anda menulis dan membaginya hanya melalui socmed dan tidak mengurusi dengan mesin pencari ), untuk riset kata kunci, harus sering-sering latihan, praktek!. Saya juga masih belajar riset kata kunci. ( waktu yang diperlukan lebih-kurang 3 menit ) 

Jurus 3: Mengumpulkan Data yang akan Menjadi Bahan Artikel 

Untuk urusan mengumpulkan data, gunakan RSS Reader untuk yang nantinya akan menjadi bahan artikel. Mengapa RSS Reader? karena ia lebih cepat, dan hemat kuota. ( waktu yang diperlukan lebih-kurang 5 menit ) 

Jurus 4: Rencanakan Bagaimana Anda Menulis 

Rencanakan bagaimana anda menulis artikel nantinya, dari mulai sudut pandang artikel, bahasanya, dsb. ( waktu yang diperlukan lebih-kurang 2 menit ) 

Jurus 5: Mulailah Anda Menulis 

Paragraf pertama bisa saja sangat melelahkan jika Anda tak tahu banyak dengan topik yang sudah Anda idekan. ini mengapa, jurus 1, ke 3, dan ke 4. itu penting. jika Anda tidak merencanakan bagaimana Anda menulis, Anda malah melenceng. Anda menunda menulis, hilang semua ide yang udah Anda buat. ( waktu yang diperlukan lebih-kurang 12 menit ) 

Jurus 6: Koreksi Tulisan Anda 

Janganlah Anda langsung menekan tombol publish, koreksi lah tulisan Anda, ada yang cacat? apa optimasi sudah betul? ( waktu yang diperlukan lebih-kurang 3 menit ) 

2 menit + 3 menit + 5 menit + 12 menit + 3 menit = 25 MENIT 

Inilah 6 Cara Menulis Artikel yang saya gunakan setiap saya menulis artikel. "loh, kok cuma 6, janjinya kan 8?". Oh iya, sisanya adalah jurus tips dari saya :D 

Tips 1: Buang Semua yang Menggangu Anda Menulis 

Social Media, Handphone, TV, dsb. terutama social media, TUTUP terlebih dahulu tab akun social media, dan barulah Anda menulis. Hal ini tidak hanya terjadi pada saya, namun banyak teman-teman yang menulisnya jadi lamban karena social media. 

Tips 2: Tentukan Deadline 

Artikel pertama 25 menit, Artikel kedua 45 menit. Tentukanlah deadline setiap artikel yang Anda buat, buatlah dengan tergantung tingkat kesulitan artikel. Ini akan membuat Anda menulis lebih cepat. 

Aplikasikanlah 6 jurus dan 2 tips ini, dan publish artikel Anda, dan mulailah mempromosikan artikel Anda. 


5 Hal yang Membuat Pengunjung Ketagihan Blog Anda! 

Menarik pengunjung blog Anda untuk lebih banyak membaca artikel-artikel Anda adalah salah satu hal yang penting. Blog-blog populer selalu memastikan untuk mempertahankan pengunjung mereka. termasuk saya :v ( padahal fathirauf.com belum terkenal xD ). Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang 5 hal yang membuat pengunjung ketagihan blog anda ( kayak narkoba/rokok aja :v ). Berikut adalah 5 Hal yang membuat pengujung ketagihan: 

1. Judul Blog Anda 

Darimanapun sumber pengunjung tersebut. biasanya, pengunjung akan melihat judul blog. setelah itu melihat judul-judul artikel. Anda bisa membaca artikel saya di blog CekSEO 

2. Desain Blog yang Keren 

Yap, jika desain blog dipenuhi iklan ( sampai menghalangi posting apalagi :v ), desain yang tidak rapih. Bisa membuat pengunjung langsung cabut dari blog Anda :v. 

3. Mempunyai Ciri  Khas 

Blog Anda harus mempunyai ciri khas, minimal dalam gaya penulisan. ini memudahkan pengunjung mengingat blog Anda, dan sering membukanya. 

4. Tambahkan Video dan Gambar 

Ini bisa membuat lebih menarik. Walaupun, video bisa membuat blog menjadi berat saat dibuka. 

5. More Tips? 

Orang berselancar di Internet, biasanya untuk mencari informasi ( ada juga sih yang cuma buat main :p ). sediakan berbagai tips di blog Anda, ini bisa membuat pengunjung lebih interest. 


6 Tips Menggunakan Social Media Sebagai Media Promosi 

Saya yakin Anda sudah menggunakan social media sebagai media promosi, akan tetapi apakah Anda sudah semaksimal mungkin? 

Saya akan mengulas 6 Tips Menggunakan Social Media Sebagai Media Promosi, Apa sajakah itu? 

berikut 6 Tipsnya : 

1. Buatlah  Konten Blog yang Layak Di-Link 

Jika anda promosi akan tetapi konten blog anda sendiri tidak bagus, siapa yang mau membaca?  

2. Permudah Pembaca untuk Melakukan Sharing 

Content  Mempermudah pembaca untuk sharing konten blog anda. sediakan tombol sharing social media yang terkenal. anda bisa memanfaakan ShareThis, AddThis, dan lain-lain. 

3. Bangun Komunitas Blog Anda 

Anda bisa membuat fanspage di Facebook, untuk membangun komunitas blog anda. 

invite teman-teman yang sesuai dengan niche Anda. 

4. Berilah Penghargaan untuk Pembaca Blog Anda 

 Bayangkan, orang yang sudah mempromosikan blog anda secara cuma-cuma, tanpa pamrih. berilah penghargaan kepada pembaca blog Anda, minimal promosi kembali dari kita.. 

5. Bersikap Santun dan Jujur kepada Pembaca Blog Anda 

Tidak hanya dunia nyata, bergaul di dunia mya pun kita harus santun dan jujur. jika anda melakukannya, itu akan mengingkatkan kepercayaan orang terhadap anda. jika orang sudah percaya dengan Anda, itu bisa menjadi modal dalam berbisnis. 

6. Terlibatlah dalam Kegiatan Social Media 

Anda harus aktif dalam kegiatan Social Media. dengan begitu, berita dari blog anda, bisa tersebar dengan cepat. 

Insya Allah, dengan begini. Anda bisa berpromosi lebih efektif daripada sebelumnya. Selamat Mencoba! 




2 komentar untuk "13 Kumpulan Jurus Andalan yang Bikin Kamu Jago NgeBlog "

SUBCRIBE VIA EMAIL