Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

UMKM Dapat Bantuan 1,2 Juta, Begini Cara Daftar UMKM RIAU

UMKM RIAU

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp1,2 juta bagi para pelaku UMKM di Indonesia sudah dibuka secara bertahap sepanjang tahun 2021. Perpanjangan Banpres tahap 3 ini untuk menopang pelaku UMKM agar tetap berkembang di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir sampai sekarang.

Apabila Anda belum kebagian BLT di tahun lalu, maka Anda bisa mencoba pada pendaftaran program banpres produktif tahap 3 (tiga) atau gelombang 2 (dua) tahun 2021 ini. Bagi Anda yang sudah pernah menerima bantuan 2020 lalu, bisa daftar dan terima lagi.

Kecuali bagi Anda yang sudah pernah menerima tahun 2021 ini, maka tak bisa lagi menerima di tahun yang sama ini. Sebab berdasarkan PermenKopUKM Nomor 2 Tahun 2021, penerima bantuan hanya bisa menerima 1 kali dalam satu tahun anggaran berjalan.

Adapun, jumlah dana BPUM tahun 2021 untuk penerima bantuan, sudah berubah menjadi Rp 1,2 juta. Sebelumnya pada 2020, jumlah bantuan sebesar 2,4 juta.

Ini adalah kesempatan bagi pendaftar baru untuk mendapatkan bantuan. Sebab semua yang sudah dapat, tak bisa lagi menerima di tahun yang sama 2021.

Bila tahap pertama pencairan semester pertama tahun 2021 sudah dilakukan sejak Maret hingga Juni, nah saat ini bersiap-siap bagi Anda yang belum menerima di semester pertama untuk terdaftar sebagai penerima di semester 2 tahun 2021.

Kapan pendaftaran bantuan BPUM tahap 2 dibuka tahun 2021 ini, yakni pada semester kedua. Antara Juli hingga September 2021. Pencairan juga akan dilakukan mengiringi waktu tersebut. 

Syarat Pendaftaran

Bersumber dari website resmi Kemenkop UKM, ada syarat yang harus dipenuhi sebagai cara Anda untuk mendapatkan BLT banpres UMKM 1,2 juta. Masih sama seperti sebelumnya, di tahun 2021 berikut persyaratannya.

  1. KTP berstatus Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Harus memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) di Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
  3. Wajib memiliki usaha UMKM. Seperti warung, usaha peternakan, pertanian, kerajinan, produk makanan, dan lain-lain.
  4. Pastikan Anda tidak menerima kredit atau pembiayaan dari pihak lain, seperti bank dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).
  5. Status bukan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS, anggota TNI, maupun Polri.
  6. Mengisi formulir pendaftaran BLT UMKM dari dinas koperasi dan UKM atau perangkat desa/kelurahan setempat bila ada.
  7. Jangan lupa melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) bagi pelaku usaha yang memiliki KTP berbeda dengan alamat domisili usaha.

Apabila anda sudah memenuhi syarat di atas, maka bantuan 1,2 juta bisa Anda dapat. Namun sebelumnya Anda harus mengetahui cara daftarnya. 

Cara Mendaftar UMKM RIAU Secara Online Lewat HP

Menurut Dinas Koperasi dan UKM Kota Pekanbaru, bantuan sebesar Rp1.200.000 itu diberikan kepada pelaku usaha mikro yang tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kepala Dinas Koperasi UKM Kota Pekanbaru Idrus mengatakan penyaluran bantuan itu berdasarkan surat resmi dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Riau Nomor 518/INDAGKOP.UKM/6.3/318 mengenai Penyaluran Program (BPUM) Tahun 2021 kepada Dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau. 

Tahapan pendaftaran online :

1. Masuk dan Registrasi data anda melalui link ini https://mataumkm.riau.go.id/registrasi

umkm riau

2. Isi semua data dalam form registrasi sesuai data diri anda.

umkm riau

3. Setelah semua data anda isi dan upload foto KTP beserta diri anda, selanjutnya kirim data dan tunggu hingga data terkirim 100%.

4. Setelah data anda terkirim, coba login mengunakan user name dan password yang anda buat, sehingga tampilannya seperti ini 

umkm riau
Jika tampilannya sudah seperti diatas berarti anda sudah terdaftar dan menunggu bantuan dari pemerintah. 
Semoga bermanfaat dan usaha yang anda jalankan berkah. jika ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar ya.
Untuk mendapatkan NIB (Nomor Induk Berusaha) anda dapat melihatnya disini: Cara Membuat NIB di OSS Melalui Hp



2 komentar untuk "UMKM Dapat Bantuan 1,2 Juta, Begini Cara Daftar UMKM RIAU"

SUBCRIBE VIA EMAIL